Kehidupan ini berada dalam kendali diri kita sendiri.. kita ingin sukses, kita ingin berhasil, kita ingin apapun semua tergantung dari diri kita sendiri… tetapi kadang kalanya kita merasa ada yang membatasi kehidupan ini menuju apa yang kita inginkan, lalu apa yang harus kita lakukan untuk melepaskan hambatan atau batasan yang ada?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi pondasi anda meraih apapun yang anda inginkan, salah satunya adalah melalui pengembangan diri… seorang psikolog asal New York bernama Abraham Maslow mengatakan pengembangan diri merupakan suatu usaha individu untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri. Kebutuhan aktualisasi merupakan kebutuhan puncak/tertinggi diantara kebutuhan-kebutuhan manusia…

Pengembangan diri sangat diperlukan karena di dalam setiap elemen kehidupan pasti harus selalu berkembang, bahkan dalam hal sederhana seperti membuat kue pun harus menunggu adonan kue mengembang baru dapat diolah menjadi sebuah kue yang sangat nikmat.. lantas apa yang bisa dilakukan dalam hal pengembangan diri kita masing masing?

Berikut saya berikan hal hal penting tentang pengembangan diri di bawah ini :

1. Self Awareness/Kesadaran Diri –

Sadarkah anda bahwa setiap manusia dibekali dengan berbagai macam kelebihan? Kesadaran diri ini sangat penting bagi seseorang untuk menjalankan kehidupan nya sehingga dapat meraih tujuan yang diinginkan.. Sadarlah bahwa Tuhan sudah begitu baik menciptakan kita semua sebagai manusia dengan kesempurnaannya, kenali diri sendiri maka anda akan menemukan kebesaran Tuhan yang tak terhingga…

2.Self Knowledge/Pengetahuan Diri –

Pengetahuan diri sudah kita dapatkan dari saat kita masih di sekolah, sebagai contoh pada waktu sekolah kita mendapatkan ilmu yang belum pernah kita dapatkan dimana pun, kita dapat belajar berhitung, kita dapat belajar berbagai bahasa, bahkan kita dapat belajar bermain segala jenis alat musik yang kita suka…semua itu adalah untuk meningkatkan pengetahuan diri kita…

Setelah lepas masa sekolah pengetahuan diri ini lantas tidak berhenti begitu saja, dalam lingkungan sehari-hari pun kita dapat meningkatkan pengetahuan diri kita…ingat bahwa semakin luas wawasan atau pengetahuan diri kita maka akan semakin terbuka lebar jalan menuju impian yang kita tuju.. jadi sudah luaskah wawasan atau pengetahuan diri kita? Jangan cepat merasa puas dengan apa yang kita ketahui karena dunia ini setiap detik dengan cepat berubah.

3. Identity/Identitas –

Identitas diperlukan untuk mengetahui apa tujuan yang ingin saya capai, identitas diri dapat bertumbuh dari kesadaran diri dan pengetahuan diri…jika kita sadar akan diri kita dan jika kita mengetahui segala hal di dalam diri kita, maka identitas kita akan semakin dikenal… Identitas juga sangat penting bagi pengembangan diri, anda ingin diketahui sebagai apa, anda ingin dikenal sebagai apa, dan lain sebagainya semua tergantung identitas anda..

Kalau identitas anda baik, anda akan dikenal sebagai orang baik…bayangkan jika saya bertanya identitas anda, sebagai contoh: Siapa nama anda? Umur berapa anda sekarang? Dan anda tidak bisa menjawab semua pertanyaan itu..lalu bagaimana anda dapat mengetahui tujuan hidup anda?? Jadi identitas apa yang ingin anda buat? Saya kembalikan lagi kepada anda..

4. Potential/Potensi –

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Setiap manusia pasti memiliki potensi, potensi dalam bidang apapun.. Ada yang memiliki potensi di bidang musik, ada yang di bidang menari, ada yang dibidang menyanyi…segera asah potensi diri anda dan yakinkan diri anda bahwa anda bisa melakukan segala potensi yang ada..

Karena dengan adanya potensi itu menjadi awal dari sebuah kesuksesan yang ingin anda raih..lantas bagaimana kita bisa yakin bahwa kita bisa melakukan nya??

5. Human Capital/Modal Manusia –

Manusia diciptakan juga dengan berbagai modal..hal yang paling sederhana dari modal manusia adalah setiap individu diberikan modal akal budi yang sangat baik , diberikan modal untuk memiliki mata, telinga, hidung, mulut, tangan dan lain sebagainya yang ada di tubuh anda… Gunakan setiap modal yang ada dan kembangkan lah segala modal dimiliki , jika modal tersebut sudah digunakan dan dikembangkan maka selanjutnya cari modal modal lain nya untuk membantu anda meraih cita cita atau tujuan anda..

6. Quality of Life/Kualitas Hidup –

Kualitas hidup anda ditentukan dari berbagai hal, sebagai contoh bagaimana cara anda berpikir, bagaimana cara anda bersikap, bagaimana cara anda berbicara , semua ini sangat mempengaruhi kualitas hidup kita.. Jika anda ingin mengubah kualitas hidup anda kemarin menjadi lebih baik, maka ubah semua cara berpikir dan attitude anda menjadi semua yg positif…

Maka segala hal positif akan menghampiri anda untuk membantu menjalani kehidupan ini dan menggapai tujuan…

7 Dreams / Mimpi –

Sedari kecil kita selalu diberikan pertanyaan oleh orang tua kita atau bahkan dari siapapun yg bertemu kita, apa mimpi mu? apa cita cita mu? sebagian dari anda mungkin ada yg menjawab saya ingin jadi dokter, saya ingin jadi pilot, saya ingin jadi polisi atau bahkan saya ingin jadi presiden… Semua itu tidak lah salah karena setiap orang berhak untuk bermimpi.

Jika sudah berhak untuk bermimpi maka beranilah untuk bermimpi setinggi tingginya, niscaya Tuhan akan memberkati anda dengan memberikan kemudahan bagi anda meraih segala mimpi tersebut… seorang motivator atau coach yang dikenal sebagai indonesia’s favorite trainer yaitu Mr James Gwee pernah mengatakan bahwa “Jangan pasang target terhadap apa yang anda ketahui, tetapi pasanglah target terhadap apa yang anda tidak ketahui “… So , apa mimpi anda??

Sahabat Dahsyat , silahkan renungkanlah baik baik beberapa hal pengembangan diri yang sudah saya sampaikan diatas, saya ucapkan selamat bagi anda yang sudah melalui semuanya…bagi anda yang belum melaluinya agar segera tentukan apa tujuan anda dan ikuti kata hati anda…

Salam Spirit & Be Positive